kaki sehatKesehatan kaki menyangkut berbagai faktor, internal ataupun eksternal. Bicara faktor internal, berarti kita membahas mengenai kekuatan otot-otot yang menempel pada rangka kaki kita, seperti Quadriceps (paha depan), bisep, femoris (paha belakang), gastrocnemius (betis belakang atas), soleus (betis belakang bawah), dan tibialis (betis depan), berikut persendian yang memungkinkan arah gerakan otot-otot tersebut.

Selain itu, kita bicara mengenai kesehatan pembuluh darah yang mengalir di kaki secara khusus, terutama bagaimana kita menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Hingga ke masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah sebagai bagian dari sistem kardiovaskular (stamina tubuh). Berbicara faktor eksternal, berarti kita membahas kebersihan dan kelembapan yang cukup untuk kaki berikut perawatannya. Di samping itu, kita berbicara mengenai pilihan alas kaki yang sesuai dengan tipe kaki ataupun tendensi pijakan.

Sederhananya, rawatlah kesehatan kaki Anda sebagaimana Anda merawat kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikan tantangan kepada otot-otot dan persendian kaki dengan berolahraga, pemanasan dan peregangan yang tepat serta proporsional. Kemudian rawatlah kaki dengan memilih alas kaki yang sesuai dan jagalah kebersihannya.